Site icon Lagu Populer

Pengertian dan Jenis-jenis Penyajian Musik Populer

Pengertian dan Jenis-jenis Penyajian Musik Populer

Musik merupakan salah satu cabang seni yang cukup familiar di lingkungan masyarakat. Hampir semua orang mendengarkan musik sebagai hiburan atau menggambarkan isi hatinya.

Salah satu jenis musik adalah musik populer atau yang sering disebut musik pop. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, musik pop adalah musik dengan irama yang sederhana. Sehingga mudah dikenal dan disukai banyak orang.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, musik populer berasal dari jenis musik non-folk yang meraih ketenaran secara masal.

Umumnya musik pop ditulis dan dibuat oleh musisi terkenal, khususnya dari kalangan profesional. Sebelum tenar di kalangan masyarakat, musik pop memiliki sejarah panjang yang patut diketahui.

Prinsip dari musik pop adalah bisa diterima serta dihargai oleh pendengar khalayak luas. Biasanya pendengar musik pop berasal dari daerah yang melek huruf serta memiliki teknologi maju dan berada di perkotaan.

Baca juga: Roulette Online Spin Musik Barat: Pengertian, Sejarah, dan Bentuk Pertunjukannya 

Jenis penyajian musik populer

Jenis penyajian musik populer yaitu kwartet, vokal group, paduan suara, dan solo. Berikut penjelasannya:

Sebuah ansambel musik yang terdiri atas empat alat musik gesek, biasanya 2 biola, sebuah viola dan cello atau karya musik yang dilarang untuk dimainkan oleh kelompok musikal.

Kelompok penyanyi yang menyanyikan lagu secara bersama-sama, baik dengan satu suara, dua, maupun lebih. Biasanya terdiri dari laki-laki dan perempuan atau kelompok perempuan maupun satu kelompok laki-laki saja.

Paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya sekaligus adalah pelatih paduan suara tersebut.

Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara (misalnya sopran, alto, tenor, dan bas), walaupun dapat dikatakan bahwa tidak ada batasan jumlah suara yang terdapat dalam paduan suara

Penampilan menyanyi perseorangan dengan iringan musik atau tanpa iringan musik. Bernyanyi tunggal dengan teknik vokal yang baik dengan mengedepankan ekspresi, improvisasi, dan interpretasi sesuai karakteristik lagu.

Exit mobile version